CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Tuesday, February 14, 2012

Suscaten

Tanggal 7 februari lalu,, pas ultah cami gw... kita berdua mendatangi kua minta dinikahin segera buat suscaten aka kursus calon penganten... sampe sana jam 9 teng tapi kita harus absen dulu di ibu2 yang duduk persis di bawah tangga... nulis nama gw dan cami pless tanggal lahir.. sama ttd kita,, tp gw jadiin satu aj tu ttd hehehe,,, dari si ibu itu kita dapet 2 kotak snack berisi lontong dan tahu goreng.. trus langsung naik ke lantai 2 nah ternyata udah mulai... huekekekeke... gw pikir bakalan telat mulainya... gak taunya engga... pas mau masuk ruangan dah keliatan bgt dr luar yang ikut suscaten ini banyak kurleb 25 pasangan kyny ada deh,, trus langsung duduk manis..


Hal pertama yang dijelasin pas suscaten ini adalah pentingnya KB untuk sang ibu, trus ceritain apa aja jenis KB itu... si bapak berkumis ini menyampaikannya enak... gw gak ngantuk dengerinnya.. trus cerita jarak anak yang sebenernya kl kita tetep menyusui sampe si anak berumur 2 tahun adalah 3 tahun... idel bgt ni kl menurut gw... trus cerita2 macem2... kira2 sejam ganti deh ke bapak kedua.. yang ternyata bapak yang paling tua di kua situ... bapak yang kedua ini lebih banyak ngasi wejangan2 buat nikah... mengibaratkan semua yang ada diruangan itu namanya andi dan santi jadi tiap kita ditanya sama beliau, beliau selalu bilang yak santi dan andi yang ada di pojokan gimana menurut kamu... oh iya pas si bapak ini yang cerita... gw berasa lagi dikuliahin sm dosen... nyiakakakaka... cami gw sibuk ngunyah... kelaperan dy... hehehe... si bapak yang kedua ini ngasi pengarahan kurleb satu setengah jam.. beliau baru berhenti pas yang ngisi sesi ke 3 udah dateng yaitu si bu dokter...

kl bapak kedua ini cerita apa itu arti sakinah. Sakinah itu adalah keluarga yang dibina dengan cara yang sah yaitu menurut agama islam tercatat di KUA.Selain itu kita juga bida menyelesaikan segala kemelut rumah tangga. Jadi kl kawin lari atau kawin siri itu bukanlah keluarga sakinah. Mawadah itu artinya cinta kasih dari istri ke suami, nah kalo Arrahmah itu cinta kasih dari suami ke istri. Oh ya,,, di bahas juga kalo anak itu adalah indikator suatu pernikahan oleh karena itu sebaiknya kita bisa mendidik anak dengan baik. Trus si bapak juga cerita bagaimana cara menyikapi kl ternyata penghasilan istri lebih banyak dari suami, si bapak menekannkan bahwa suami dan istri harus sama sama bijak karna ini masalah yang agak sensitif. suami harus berfikir bahawa penghasilan istri tersebut merupakan rejeki dari Alloh yang dibeikan melalui istri untuk kehidupan keluarga mereka. dan istri pun gak boleh sombong karena penghasilannya lebih besar dan menginjak2 suami.

Sesi ke tiga diisi oleh bu dokter yang betugas di puskesmas kecamatan makasar,, si ibu menmberikan penjelasan mengenai suntik TT bagi calon istri. Nah beliau mempersilahkan satu-satu calon istri masuk ke ruangan lain yang terletak di kiri ruangan buat disuntik TT. sebenernya gw agak gak nyangka kln ternyata pake acara disuntik segala begini... untung pake baju yang gak ribet buat dibuka... alhasil gw langsung suntik TT bayar 5000 aja,,, gw gak tau sebenernya suntik TT ini harganya berapaan... yaudah mumpung ada gw skalian aj suntik disitu... penjelasan bu dokter gw gak terlalu banyak denger... soalnya gw dah pindah ruangan... yang jelas acara suscaten ini kelar jam 12 kurang dikit lah... lumayan banyak pengetahuan yang didapet... trus dapet sertifikat juga tapi inin bayar seikhlasnya... ummm... emang bayar ya?? adoooh!!! berhubung recehan yang kita berdua tinggal 5000 ya gw kasi aja segitu...


Selesai suscaten gw langsung nemuin pak penghulu,,, tapi antri ternyata cyiiinnn ada satu pasangan yang lagi ngadep pak nurdin,,, kayanya si baru daftar.. trus ada sepasang lagi... baru deh giliran kita... pas giliran kita sebenernya udah jam makan siang tapipak nurdin dengan baikhatinya mau nerima kita. gw ngembaliin formulir yang harus dibawa hari ini ituh trus ngasi foto... pas dulu banget ngurus gw baw foto si tapi tampang gw di foto itu gak asik... jd gw bilang nyusul aj fotonya... hihihi... ngobrol sama pak nurdin lumayan lama... tapiiiiiii.... gw gak nanya sama dy mau minta fee berapa... salah gak ya??? ini petuah pakde gw soalnya.. katanya gak usah nanya... ya udah... kayanya si pak nurdin ini agak bingung ya ko ni anak bedua cuma nyengir2 aja... gak ada yang nanyain... tapi bodo amat ah,,, pas pamit beliau bilang kl ada yang mau ditanyain lewat telpon juga gpp ko mbak... gt katanya... yoweslah...


berkas yang dibalikin ke KUA

lembaran ke 2

lembaran ke tiga

0 comments:

Post a Comment